Pada kesempatan ini saya mau berbagi sedikit informasi atau lebih tepatnya gambaran Sekilas Tentang Planologi Undip dan HMTP (Himpunan Mahasiswa Teknik Planologi).

PROFIL Jurusan
Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota UNDIP pada saat pendiriannya tahun 1992, merupakan Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota yang kedua setelah ITB di lingkungan Perguruan Tinggi Negeri Indonesia. Saat ini, Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota UNDIP telah memperoleh Akreditasi A berdasarkan keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi No. 033/BAN-PT/Ak-X/S1/I/2008

ORGANISASI
HMTP adalah kepanjangan dari Himpunan Mahasiswa Teknik Planologi yang merupakan organisasi kemahasiswaan Jurusan Teknik Planologi Universitas Diponegoro yang sudah berdiri lama sejak 1993. Berarti HMTP sudah berumur lebih dari 20 tahun yaa :D.  HMTP sendiri mempunyai ruangan khusus yang terletak di Gedung B lantai 1 tepatnya disamping tangga dan di dekat Koperasi Planologi. HMTP menggandeng 5 Departemen yang disesuaikan dengan bidang-bidang kemahasiswaan. Departemen-departemen tersebut adalah sebagai berikut:


1. Departemen Minat dan Bakat (Mikat)
Departemen ini menampung kreativitas-kreativitas mahasiswa Planologi yang berhubungan dengan Seni dan Olahraga. Departemen Mikat mempunyai 3 proker besar selama masa pengurusan. Diantaranya adalah POR Plano, dan Plano Movie Awards.

2. Depatemen Pendidikan dan Penalaran (Diklan)
Departemen ini mewadahi wawasan mahasiswa planologi khususnya di bidang Perencanaan Wilayah dan Kota. Diklan mempunyai 3 proker besar yaitu Pelatihan GIS, Pelatihan dan Test TOEFL, dan Seminar .

3. Departemen Kesejahteraan Mahasiswa (Kesma)
Kesma merupakan Departemen penghasil uang terbanyak lhooo. Waw. Kenapa? Karena Proker-Proker mereka banyak mencari dana usaha untuk kegiatan HMTP. Departemen ini juga memberikan jasa lanyanan Mahasiswa seperti KRS, Parkir, Koperasi, dan Informasi Beasiswa.

4. Departemen Kaderisasi
Kaderisasi adalah departemen yang behubungan dengan proses pengkaderan mahasiswa, khususnya mahasiswa baru. Departemen ini bertugas membentuk dan meningkatkan SDM mahasiswa Planologi Undip agar menjadi orang yang sukses dan berkualitas di Planologi. Departemen ini dipimpin oleh Angga Dwisapta Ardi. Proker-proker mereka adalah Penerimaan Mahasiswa Baru, Prosesi, LKMM Pra Dasar, dan Pelantikan.

5. Departemen Media dan Komunikasi (Medikom)
Departemen Medikom adalah Departemen yang tugasnya meningkatkan kerja sama dengan pihak luar serta mempererat hubungan internal pengurus HMTP dan seluruh mahasiswa Planologi. Anggotanya gak ada yang gak kreatif lho hihi. Jargon andalan Medikom adalah “Medikom .. Tak ada lagi Miskom “. Departemen ini memiliki Proker-Proker andalan Medikom, yaitu Pemeberdayaan mading, Peluncuan Megzo Plano, Public Campaign, Pemberdayaan Web, dan Studi Banding.

Oh iya,selain HMTP di jurusan perencanaan wilayah dan kota undip juga ada 2 biro yang mendukung hmtp yaitu BMDTP dan biro Rohis Al-Madinah ^^

0 comments:

Post a Comment

 
MARS-4EVER © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top