Contoh Laporan Kerja Praktek : Penyusunan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Kecamatan Pecangaan Kabupaten Jepara.

Pendahuluan
Kerja praktek merupakan salah satu mata kuliah Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota Fakultas Teknik Universitas Diponegoro. Mata Kuliah Kerja Praktek merupakan sarana yang digunakan untuk mengaplikasikan ilmu-ilmu yang telah dipelajari diperkuliahan serta menambah pengalaman dan ilmu yang tidak didapatkan dalam perkuliahan.

Didalam lingkungan kerja yang dibutuhkan tidak hanya pemahaman mengenai teori perencanaan wilayah dan kota, tetapi juga kesiapan untuk memasuki lingkungan kerja, karena kegiatan pembelajaran di kampus secara umum berbeda dengan kegiatan kerja dilapangan. Perbedaan tersebut terdapat pada lingkungan dan beban tanggung jawab, selain diperkuliahan mahasiswa sudah mendapatkan teori, konsep, proses, pendekatan dan metode perencanaan dalam lingkup perencanaan wilayah dan kota. Hal ini kemudian memberikan manfaat kepada mahasiswa tentang konsep perencanaan yang komprehensif terhadap ilmu perencanaan wilayah dan kota berbagai dengan macam disiplin ilmu yang menggunakan berbagai macam konsep perencanaan secara keseluruhan. Konsep tersebut kemudian perlu dikembangkan lebih lanjut agar dapat memperdalam pemahaman dan merasakan langsung bagaimana permasalahn yang ada di lapangan dalam konteks praktek perencanaan itu tersendiri. Tidak semua konsep/teori dapat dijalankan, banyak berbagai hal yang sebelumnya tidak dipelajari selama masa perkuliahan dijumpai dalam pelaksanaan penyusunan suatu proyek perencanaan.

Praktek perencanaan yang dilakukan selama kerja praktek adalah turut ikut serta dalam proses penyusunan Kajian Lingkungan Lingkungan Hidup Stategis (KLHS) Kecamatan Pecangaan.Kajian Lingkungan Hidup Stategis (KLHS) atau Strategic Environmental Assessment (SEA) adalah instrumen pendukung perencanaan pembangunan berkelanjutan melalui upaya internalisasi kepentingan lingkungan hidup (LH) dan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan kedalam perencanaan pembangunan tersebut (Asdak, 2012).

Hubungan KLHS dalam lingkup perencanaan wilayah dan kota adalah klhs merupakan produk perencanaan atau pengaplikasian ilmu/teori-teori perencanaan.

Salah satu substansi Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Kecamatan Pecangaan yang dikaji secara mendalam adalah kemampuan lahan. Justifikasi/alasan pemilihan substansi ini adalahkarena penilaian potensi kemampuan lahan sangat diperlukan terutama dalam rangka penyusunan kebijakan, pemanfaatan lahan dan pengelolaan lahan secara berkesinambungan. Analisis kemampuan lahan dapat mendukung proses dalam penyusunan rencana pembangunan lahan disuatu wilayah yang disusun dengan cepat dan tepat sebagai dasar pijakan dalam pengatasi benturan pemanfaatan penggunaan lahan/sumberdaya alam (Suratman dkk, 1993). Pemanfaatan lahan yang tidak sesuai kemampuannya mengakibatkan pemanfaatan lahannya tidak menjadi optimal dan cenderung menurunkan kualitas lingkungan.

Laporan ini bertujuan untuk mengkritisi Kajian Kemampuan Lahan dalam dokumen Kajian Lingkungan Hidup Stategis (KLHS) Kecamatan Pecangaan Kabupaten Jepara yang telah dilakukan oleh instansi kerja praktek (IKP) PT. Trikarsa Buwana Persada Gemilang. Hal ini dikarenakan substansi dan proses dalam kajian kemampuan lahan masih ditemui beberapa kelemahan apabila dibandingkan dengan pedoman normatif dan ataupun kajian teori-teori perencanaan.
  1. Tinjauan singkat proyek Kajian Lingkungan Hidup Stategis (KLHS) Kecamatan Pecangaan Kabupaten Jepara
  2. Tinjauan Teknis Pelaksanaan Proyek
  3. Tinjauan kritis Kajian Kemampuan Lahan dalam dokumen Kajian Lingkungan Hidup Stategis (KLHS) Kecamatan Pecangaan. (Proses Penyusunan dan Keluaran Analisis Kemampuan Lahan)
Demikianlah Contoh Laporan Kerja Praktek : Penyusunan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Kecamatan Pecangaan Kabupaten Jepara.

0 comments:

Post a Comment

 
MARS-4EVER © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top